Seperti yang telah diketahui semua, bahwa P3SRS (Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun) adalah suatu perhimpunan yang mewakili seluruh pemilik dan penghuni apartemen dalam mewakili pemilik dan penghuni dalam menjalankan tugas untuk mengelola dan memelihara rumah susun beserta lingkungannya dan menetapkan peraturan-peraturan mengenai tata tertib penghunian. Pengurus P3SRS ini dapat memilih pengelola yang akan menjalankan kepengelolaan harian apartemen/rumah susun. Dalam kepengurusan P3SRS ini tentunya terdapat ketuanya. Ketua inilah yang dipilih oleh seluruh penghuni dalam Rapat Umum.

Untuk mendapatkan Ketua P3SRS yang dalam tugasnya memiliki sifat transparan, jujur, dapat dipercaya, berpihak kepada seluruh penghuni The Lavande Residences, maka diperlukan beberapa kriteria. Salah satunya seperti yang terdapat dalam Anggaran Dasar P3SRS The Lavande Residences pada halaman 11 sebagai berikut:

Pasal 18: Persyaratan Pengurus
1. Yang dapat dipilih menjadi Pengurus adalah para Anggota yang sah menurut hukum dan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
……..

c. Diutamakan yang berkedudukan/berdomisili di Rumah Susun.

……..

Disini dapat dipahami arti kata Diutamakan yaitu diprioritaskan atau dipentingkan (selain itu tidak dipentingkan), bahwa seorang Ketua P3SRS diprioritaskan adalah seseorang yang menghuni/bertempat tinggal/berkedudukan/berdomisili di apartemen The Lavande Residences. Dan apabila orang tersebut tidak tinggal di apartemen berarti tidak diutamakan. Dan apabila ada calon lain yang bertempat tinggal atau menghuni (baik berkedudukan/berdomisili) maka calon inilah yang harus dipilih karena hal ini lebih diutamakan.

Dalam kasus ketua P3SRS The Lavande Residences bentukan developer (16 Mei 2012) yang bernama Setiarto Haryono, ketua P3SRS ini kenyataannya tidak bertempat tinggal/menghuni/berkedudukan/berdomisili di The Lavande Residences. Sedangkan cukup banyak dari penghuni lain yang memiliki kapasitas sebagai ketua P3SRS dan berkedudukan/berdomisili/bertempat tinggal/menghuni di apartemen The Lavande Residences. Tentunya kenyataan ini bertentangan dengan Anggaran Dasar P3SRS The Lavande Residences. Oleh karena itu kondisi ini harus diperbaiki yaitu dengan membentuk ketua/pengurus P3SRS baru yang lebih berpihak kepada penghuni dan tanpa rekayasa/trik-trik yang dibuat-buat oleh pihak developer dan tentunya berkedudukan atau berdomisili di The Lavande Residences.

Berikut adalah ketua P3SRS The Lavande Residences yang dibentuk pada tanggal 16 Mei 2013 di Smesco (Setiarto Haryono):

Setiarto Haryono - Ketua P3SRS TLR Smesco 16 Mei 2013 b

Setiarto Haryono - Ketua P3SRS TLR Smesco 16 Mei 2013 a
 
 

About these ads